Jumat, 28 Maret 2014

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DAN BERBUDAYA

~Manusia Sebagai Makhluk Sosial~

Manusia selain sebagai makhluk individu, juga berperan sebagai makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia dituntut untuk mampu bekerjasama dengan orang lain sehingga terciptalah sebuah kehidupan yang damai. Menurut Aristoteles, makhluk sosial merupakan zoon politicon, yang berarti manusia dikodratkan untuk hidup bermasyarakat dan berinteraksi satu sama lain. Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa manusia tidak akan sanggup hidup sendiri karena antara satu manusia dengan manusia yang lain saling bergantungan atau saling membutuhkan. Dalam struktur sosial, salah satu bagian yang sangat penting adalah sistem kekerabatan. Meyer Fortes mengemukakan bahwa sistem kekerabatan suatu masyarakat dapat dipergunakan untuk menggambarkan struktur sosial dari masyarakat yang bersangkutan. Sistem kekerabatan inilah yang menjadi awal dari tumbuhnya budaya.
    
~Manusia Sebagai Makhluk Yang Berbudaya~

Dalam kehidupan sebagai makhluk sosial yang berbudaya, manusia hidup bermasyarakat dan berinteraksi satu sama lain haruslah didasari dengan budi dan akal yang dimiliki. Aspek ini turut menentukan perilaku komunikatif diantara keduanya. Manusia sebagai makhluk budaya yang berkemampuan menciptakan kebaikan, kebenaran, keadilan dan bertanggung jawab. Sebagai makhluk berbudaya, manusia mendayagunakan akal budinya untuk menciptakan kebahagiaan, baik bagi dirinya maupun bagi masyarakat demi kesempurnaan hidupnya.

Kesimpulan : Manusia sebagai makhluk sosial dan berbudaya tidak dapat hidup sendiri yaitu karena Manusia sebagai makhluk social dan berbudaya saling membutuhkan satu sama lainnya. Saling bersosialisasi antara satu sama lainnya, setiap tindakan yang kita lakukan memiliki aturan-aturan yang dijadikan sebagai acuan atau pedoman hidup bersama. Dalam kehidupan social maka di butuh kan hidup berkelompok agar dapat memecahkan suatu pendapat yang berbeda-beda dalam kehidupan sehari-hari. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar