Senin, 25 Januari 2016

PARAGRAF DEDUKTIF & PARAGRAF INDUKTIF

Disini saya akan menjelaskan Pengertian Deduktif dan Induktif
Deduktif
       adalah sebuah paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf, kemudian diikuti kalimat penjelas, paragraf deduktif ini menggambarkan sesuatu yang lebih atau menjelaskan suatu kejadian yang lebih spesifik.

Contoh kalimat paragraf deduktif
       Pemuda warga desa tenteram memutuskan melaksanakan jam belajar masyarakat dengan tertib. Sebelumnya, banyak anak sekolah yang dibiarkan di luar rumah, dan hanya duduk duduk di pinggir jalan pada saat jam jam belajar. Para pemuda mulai mendatangi orang tua dan memberi pengertian pentingnya belajar bagi anak anak mereka. Apabila warga menemukan anak-anak mereka sedang kumpul - kumpul di pinggir jalan pada saat jam belajar, mereka akan diperingatkan dan diajak untuk belajar bersama. Jam belajar masyarakat dimulai pukul18.00 sampai pukul 20.00.Kalimat utama dalam paragraf di atas adalah kalimat yang pertama  yaitu , Pemuda warga desa tenteram memutuskan melaksanakan jam belajar masyarakat dengan tertib

Induktif
            Sama hal nya dengan paragraf deduktif paragraf induktif adalah paragraf yang diawali dengan kalimat yang berisi penjelasan- penjelasan kemudian diakhiri dengan kalimat utama,
Menggambarkan atau menjelaskan kejadian di awal dan mengakhirinya pada kalimat utama.

Contoh kalimat paragraf induktif
            Banyak pedagang kaki lima yang entah bagaimana awalnya, seperti mengelompokkan diri hanya dengan menjual jenis barang tertentu di sebuah trotoar tertentu. Selanjutnya, tampillah trotoar tersebut sebagai etalase khusus. Bahkan, banyak barang khas trotoar terkenal di Jakarta yang tidak bisa dijumpai di toko-toko resmi. Dari suasana tersebut ternyata banyak trotoar yang akhirnya menjadi terkenal karena penampilanya yang khas.

Bisa dilihat antara perbedaan dari kedua paragraf tersebut.
Paragraf deduktif kalimat utamanya berada di awal paragraf, kemudian diikuti kalimat penjelas sedangkan paragraf induktif paragraf yang diawali dengan kalimat yang berisi penjelasan- penjelasan kemudian diakhiri dengan kalimat utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar